Kumpulan Trik Dan Tips Android Terbaru

Cara Mengaktifkan Android Runtime Pada Android Kitkat

Cara Mengaktifkan Android Runtime Pada Android Kitkat - Android 4.4 KitKat membawa sesuatu yang sangat berbeda sekali dan unik, sesuatu yang akan membentuk Android di masa depan sebagai smartphone dan platform tablet yang luar biasa. Kali ini akan saya bahas mengenai ART, ART adalah (Android Runtime), yang merupakan suatu sistem tentang dengan landasan apa aplikasi Android kamu berjalan nantinya.

Apa itu ART (Android Runtime)?

ART adalah masa depan Android. ART adalah runtime yang baru dan mesin virtual Android yang akan menggantikan Dalvik VM sepenuhnya. Dalvik VM sendiri seperti yang sudah kita ketahui bersama adalah Virtual Machine yang sudah digunakan oleh Google semenjak pertama kali Android keluar ke pasaran, sejak awal platform, Android sudah menggunakan Just-In-Time (JIT) milik Dalvik untuk membangun cache pada aplikasi dan memberikan penggunaan yang smooth serta pergerakan yang halus.

Dengan ART, Google sudah mengubah compiler untuk Ahead-Of-Time, yang pada dasarnya mengkompilasi semua data aplikasi sebelum kamu memulai menjalankan aplikasi dan ini memberikan pengalaman pengguna yang lebih cepat dengan kesempatan yang paling minimal yang menyebabkan Android kamu mengalami lag.

Dengan Android 4.4, ART sebenarnya sudah dibenamkan pada Nexus 5 dan beberapa device lain, tetapi bukan secara default, karena beberapa alasan. Secara default masih menggunakan Dalvik, tetapi sobat dapat mengubahnya menjadi ART melalui langkah-langkah berikut, disini saya menggunakan nexus sebagai contoh.

Berikut ini Cara Mengaktifkan Developer Option.

Untuk mengubah Android-mu menggunakan Virtual Machine ART, pertama-tama yang harus sobat lakukan adalah meng-enable kan menu Developer Options.

Pertama : Pada device Nexus sobat ke Settings > About.

Kedua : Scroll ke bagian bawah sendiri, nanti disitu kamu akan menemukan menu "Build Number". Tekan 5 kali sampai muncul pop-up yang bertuliskan "You are now a developer".

Cara Mengaktifkan Android Runtime Pada Android Kitkat

Cara meng-hidupkan Android Runtime (ART)

Yang satu ini cukup gampang,. Pergilah ke opsi Developer pada perangkat Nexus kamu dan geser ke bawah dan pilih menu "Select Runtime". Tekan itu dan ubah ke "Use ART".
Cara Mengaktifkan Android Runtime Pada Android Kitkat

Cara Mengaktifkan Android Runtime Pada Android Kitkat

Setelah sobat melakukan perubahan itu, Reboot perangkat sobat, Mungkin memerlukan waktu sekitar 10 Menit (tergantung berapa banyak aplikasi yang terinstall di device kamu). OS akan akan mengubah semua aplikasi kamu ke ART, data aplikasi maupun data lainnya akan tetap aman setelah Reboot, jadi sobat tak perlu khawatir.
Tag : Trik Android
1 Komentar untuk "Cara Mengaktifkan Android Runtime Pada Android Kitkat"

Informasi sangat menarik ini.. akhirnya ketemu juga.. makasih gan..
Kunjungi juga : Download Game

Back To Top