Kumpulan Trik Dan Tips Android Terbaru

Cara Menjaga Android Supaya Tak Meledak

Cara Menjaga Android Supaya Tak Meledak

Cara Menjaga Android Supaya Tak Meledak - Smartphone dapat digunakan untuk membantu mengerjakan banyak hal, mulai dari mengecek e-mail, membaca berita, memotret, hingga aktivitas media sosial dan pesan instan. Sayangnya, dengan banyak fungsi tersebut, umur baterai masih menjadi kendala sampai saat ini.

Tidak heran banyak produsen terkemuka menghadirkan perangkat smartphone berbaterai besar. Hal ini juga dipengaruhi oleh para pengguna yang cenderung menjadikan smartphone sebagai teman terbaiknya. Sayangnya, smartphone juga dapat menjadi ”musuh” untuk penggunanya. Bahkan dapat menyebabkan luka parah.

Banyak laporan yang menyatakan kalau ada beberapa jenis smartphone yang mengakibatkan penggunanya terluka. Penyebabnya karena smartphone tersebut terbakar bahkan meledak. Tentunya hal ini perlu diwaspadai oleh pengguna lain. Jangan sampai kejadian serupa menimpa sobat.

Pihak produsen pun tentunya perlu mengantisipasi supaya hal ini tak terjadi lagi. Lantas apa yang dapat dilakukan oleh pengguna untuk mengantisipasi agar android tak meledak? langsung saja ya sob.

Berikut Cara Menjaga Android Supaya Tak Meledak :

  • Simpan di Tempat Berventilasi Baik

Simpanlah smartphone di tempat-tempat yang memiliki ventilasi yang baik. Hal ini cukup berpengaruh terhadap kualitas smartphone itu sendiri. Selain itu, hindari juga penggunaan casing yang terlalu tebal. Penggunaan casing yang tebal memang cukup bagus untuk melindungi smartphone dari goresan tapi hal ini juga menutup udara sampai android sobat menjadi lebih cepat panas.

  • Jangan Charge Semalaman

Kebiasaan membiarkan baterai terhubung dengan charger semalaman ternyata tak aman lho sob. Walau beberapa charger dapat memutus arus listrik kalau daya telah terisi 100 persen, membiarkan baterai selalu berada dalam kondisi 100 persen terisi juga tak baik.
Mengisi baterai sebentar saja sampai terisi penuh secara berkali-kali malah lebih baik untuk kesehatan baterai dibanding dibiarkan dalam kondisi nol persen atau 100 persen secara terus-menerus.
Baterai lithium juga rawan kalau dibiarkan sering kehabisan daya sebab baterai tersebut juga memiliki komponen yang dapat digunakan untuk merusak baterai sendiri untuk mencegah supaya baterai tak meledak. Walau tidak terjadi tiap hari, pengguna wajib untuk waspada.

  • Penggunaan Baterai Original

Salah satu faktor yang menyebabkan smartphone meledak adalah penggunaan baterai yang buruk. Hal ini perlu diperhatikan, termasuk pengguna yang menggunakan smartphone berkualitas. Ketika mau mengganti baterai karena baterai lama telah usang, maka sebaiknya carilah baterai yang memiliki konstruksi baterai berkualitas dan tak sembarangan. Usahakan jenis baterai yang digunakan adalah baterai asli.

  • Segera Keringkan Ketika Terkena Air

Pada umumnya pengguna smartphone akan mengeringkan ponsel pintar mereka ketika terkena air. Cara ini memang ampuh dan membuat smartphone kembali normal. Tetapi para ahli untuk urusan teknis smartphone menyarankan supaya smartphone yang terkena air, baik tercebur, atau terciprat air, sebaiknya diperiksa oleh teknisi. Jangan cuma dikeringkan tetapi juga diperiksa supaya masalah konsleting dapat dihindari.

  • Biarkan lubang charger terbuka

Hal yang paling sepele tetapi sering diabaikan pengguna adalah menutup bagian lubang charger. Sebaiknya lubang charger tak dalam keadaan tertutup. Hal ini dilakukan supaya android tidak mengalami panas yang berlebih atau overheating. Usahakan juga jangan menyimpan smartphone di bawah bantal karena ini juga akan berpengaruh meningkatkan panasnya.

  • Pasang Aplikasi Pemantau Temperatur

Supaya lebih gampang mengetahui dan kondisi suhu android sobat, sebaiknya pasanglah aplikasi pemantau suhu atau temperatur smartphone. Selain menggunakan aplikasi, mengukur kondisi suhu android sobat dengan gadget lain yang dapat dihubungkan dengan smartphone. Contohnya, Thermodo, sebuah perangkat yang dapat mengukur suhu temperatur.

  • Jangan Digunakan Pada Saat Lagi Charging

Cara lainnya supaya android tidak berpotensi meledak adalah dengan tidak menggunakan aplikasi apapun pada saat smartphone sedang proses charging. Aktivitas seperti menelepon dan berinternet pun diusahakan untuk dihindari ketika smartphone sedang di-charge. Kalau hal tersebut dilakukan, baterai smartphone akan cepat panas dan hal ini tentunya berpotensi smartphone menjadi cepat panas atau bisa meledak. Cara ini juga berguna untuk keawetan baterai android sobat.

  • Hindari Benda Bersuhu Tinggi

Jangan letakkan smartphone kamu pada benda yang bersuhu tinggi. Hal ini karena dapat saja suhu panas di benda tersebut berpindah ke smartphone. Misalnya, pada saat menggunakan power bank, sebaiknya jangan letakkan android sobat di atasnya.

  • Hindari Pengunaan Banyak Aplikasi

Smartphone dirancang untuk kebutuhan mobiitas tinggi dan kinerja yang sifatnya multitasking atau penggunaan banyak aplikasi secara bersamaan. Tak heran kalau pada saat ini banyak android yang didukung dengan komponen hardware penunjang multitasking, seperti memori RAM yang tinggi. Tetapi hal tersebut bukan berarti membuat smartphone tersebut dapat melakukan multitasking secara terus-menerus. Penggunaan banyak aplikasi ini dapat membuat android sobat lebih cepat panas. Kalau hal ini terus dilakukan, tentu potensi smartphone terbakar atau meledak sangat besar.
Tag : Trik Android
Back To Top